BLANTERORBITv102

Cara Membuat Breakout Room di Zoom Melalui Laptop Beserta Penjelasannya

8/22/22
Cara Membuat Breakout Room di Zoom

Kebijakan belajar dari rumah masih terus berlanjut di Indonesia, semenjak tingginya angka kasus Covid-19. 

Selama sekolah dari rumah, aplikasi video conference Zoom menjadi sangat diandalkan dalam aktivitas belajar mengajar secara online. Zoom sendiri dibekali dengan berbagai fitur untuk lebih mempermudah di dalam penggunanya. 

Salah satu fitur yang dimaksud adalah Breakout Rooms, fitur Breakout Rooms memungkinkan para penggunanya untuk membuat ruang obrolan tambahan di dalam satu sesi pertemuan, atau hanya dalam satu link Zoom. 

Lalu, bagaimana cara membuat breakout rooms di zoom, dan tersebut ? Berikut ini kita akan jabarkan langkah-langka cara membuat Breakout Rooms di zoom dan cara menggunakannya. 

Apa itu breakout room pada aplikasi Zoom ?

Breakout Room adalah salah satu fitur yang ada di dalam aplikasi Zoom Meeting, yang memiliki fungsi untuk dapat memisahkan meeting secara online dalam sesi yang utama, ke dalam sesi pribadi dengan maksimal kapasitas sekitar 50 sesi dengan terpisah. 

Selain itu di dalam Breakout Room, Host meeting nantinya bisa memilih untuk membagi peserta, secara terpisah ke dalam satu room atau pada grup yang lebih kecil, baik itu dengan cara yang manual atau otomatis. 

Nantinya, Host bisa mengijinkan peserta atau yang berpartisipasi untuk masuk ke dalam sesi room yang sudah ditentukan. 

Jika kalian masih belum tahu cara membuat breakout room di zoom dan menggunakan fitur Breakout Room Zoom, maka dapat menyimak artikel ini sampai selesai.

Cara aktifkan breakout room di Zoom menggunakan laptop 

Fitur Breakout Room juga bisa untuk digunakan secara gratis oleh seluruh pengguna Zoom. Naanum terlebih dahulu, kamu harus mengaktifkan fitur Breakout Room terlebih dahulu, sebelum kalian dapat cara membuat Breakout Room di Zoom.

  • Jalankan terlebih dahulu browser pada Laptop atau PC.
  • Selanjutnya kamu dapat kunjungi link situs web https://zoom.us/.
  • Pilih pada menu tombol Sign In 🡪 lalu log in menggunakan  akun Zoom.
  • Berikutnya pilih di menu My Account yang ada di pojok kanan atas.
  • Pada bagian Personal, kamu dapat memilih opsi menu Settings 🡪 lalu di bagian Meeting pilih In Meeting (Advanced).
  • Setelah itu,aktifkan fitur Breakout room dengan cara geser tombol slide ke on 🡪 Lalu ceklist opsi “Allow host to assign participants to breakout rooms when scheduling” 🡪 jika sudah klik save.

Cara membuat breakout room di Zoom 

Berikut ini merupakan cara membuat breakout room di Zoom menggunakan laptop :

  1. Buka aplikasi Zoom pada PC atau laptop.
  2. Pilih opsi “New Meeting”.
  3. Pada saat Zoom meeting sedang berlangsung, kamu yang menjadi host dapat klik ikon “Breakout Room”.
  4. Lalu nanti akan muncul jendela Create Breakout Room, dan kamu dapat menentukan jumlah breakout rooms yang ingin kamu buat, maksimalnya sendiri hanya 50.
  5. Selanjutnya akan muncul tiga opsi, yaitu Assign Automatically, Assign Manually, dan Let Participants Choose Room.
  6. Jika kamu sudah memilih ketiga opsi yang ada di atas, maka tinggal Create.
  7. Pilih Assign jika kamu ingin menentukan siapa saja yang dapat bergabung dengan room tersebut.
  8. Di bagian menu option, kamu dapat mengaktifkan dan mengatur menu countdown sebelum nantinya menutup breakout room.
  9. Pada menu add room, kamu bisa menambah breakout room secara otomatis dan juga pada menu recreate bila nanti kalian ingin membuat ulang breakout room.
  10. Pada saat meeting sedang berlangsung kamu bisa mengirimkan pesan ke seluruh partisipan dengan cara real – time 🡪 pilih opsi menu open all room 🡪 broadcast message to all dan masukkan informasi yang ingin dikirimkan ke seluruh peserta, bila sudah maka tinggal pilih broadcast.
  11. Dan jika kalian ingin menutup seluruh sesi di dalam menu yang sama, maka dapat memilih Close All Rooms.
Dari berbagai penjelasan diatas harusnya sudah bisa memberikan pemahaman kepada kamu untuk dapat membuat breakout room di zoom hingga bisa memberikan manfaat dan pemahaman yang lebih mudah dimengerti.

Semoga melalui artikel ini dapat menebarkan informasi manfaat yang lebih banyak lagi dan jika kamu merasa artikel ini membantu, kalian dapat membagikannya ke media sosial supaya orang lainnya bisa dapat terbantu lagi.

Rekomendasi Artikel Lainnya