BLANTERORBITv102

Cara Mengatasi Gboard Telah Berhenti Di Android, Versi Semua Merk!

12/17/22
Cara Mengatasi Gboard Telah Berhenti Di Android

Tidak sedikit pada pengguna Android mengeluhkan tentang berhentinya Gboard  sebagai fitur keyboard dari google. Untuk itu kamu perlu mencari cara mengatasi permasalahan tersebut. Pembahasan kali ini adalah mengenai cara mengatasi Gboard  telah berhenti di Android.

Tidak hanya tipe Android tertentu yang mengalami masalah tersebut, tetapi juga semua tipe Android mengalami permasalahan yang sama. Berhentinya Gboard  tersebut senantiasa membuat kita seringkali kesulitan dalam mengetik sesuatu yang sedang dibutuhkan.

Untuk itu, kami telah merangkum dan memberikan kamu solusi untuk mengatasi Gboard  kamu yang telah berhenti.

Cara Mengatasi Gboard  Telah Berhenti Di Android

Perlu kamu tahu bahwa Gboard  merupakan sebuah aplikasi keyboard virtual yang dikembangkan google untuk Android dan iOS. Gboard  ini sangat memudahkan dalam menginput karakter tanpa perlu tombol fisik, biasanya melalui layar sentuh di Android Anda.

Untuk mengatasi dan mengembalikan Gboard  kamu kembali, kamu perlu melakukan beberapa cara sebagai berikut.

1. Mulai ulang android

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah coba mulai ulang Android terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan bahwa banyaknya tipe Android yang ampuh mengembalikan Gboard  yang telah berhenti dengan melakukan langkah tersebut.

Untuk melakukannya, kamu cukup mengklik tombol power di Android kamu kemudian pilih reboot untuk memulai ulang ponsel Android atau kamu bisa menyesuaikan dengan reboot Android masing-masing.

2. Bersihkan cache

Langkah berikutnya setelah kamu memulai ulang Android adalah dengan membersihkan cache. Cache ini sebagai tempat penyimpanan data dan program yang digunakan oleh mesin lokal. Banyak sekali aplikasi yang ada di Android yang mengalami masalah karena menggunakan memori cache.

Untuk mengatasinya, coba kamu buka pengaturan Android kemudian klik aplikasi. Gulir ke bawah sampai kamu melihat Gboard  kemudian klik. Setelah itu pilih Storage untuk mengungkap info data cache. kamu bisa memilih Clear Cache untuk menghapus memori cache.

3. Copot instalasi pembaruan

Kadang kita sering melihat pemberitahuan tentang pembaruan aplikasi karena berbagai alasan entah itu sebagai fitur baru, perbaikan bug, keamanan, dan sebagainya.

Kadang hal yang semacam ini dapat merusak kompatibilitas dan dengan mudah merusak aplikasi yang ada di Android seperti berhentinya Gboard. Untuk itu, kamu bisa melakukan langkah seperti membuka pengaturan dan klik Aplikasi. Cari tulisan Gboard  kemudian pilih dan klik tiga titik vertikal di kanan atas pada layar untuk membuka opsi copot pemasangan.

4. Copot aplikasi

Karena kamu tidak bisa menghapus Gboard  dari menu pengaturan karena aplikasi tersebut adalah dari Google, maka kamu harus menggunakan cara lain.

Caranya, kamu bisa masuk PlayStore kemudian cari Gboard  dan buka. Dalam pilihan tersebut kamu akan melihat opsi uninstall dan perbarui. Sebelum kamu uninstall, coba perbarui terlebih dahulu apakah bisa mengatasi Gboard  kamu.

Setelah kamu memperbarui, coba kamu buka aplikasi pesan atau penelusuran kemudian tes dengan mengetikkan sesuatu pada kolom penulisan teks.

5. Gunakan aplikasi keyboard lain

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan keyboard lain dari sebuah aplikasi. Beberapa aplikasi pendukung sudah tersedia di PlayStore. Meskipun tidak sebagus Gboard, tetapi kamu bisa memilih alternatif tersebut.

Salah satu rekomendasi aplikasi yang bisa kamu gunakan yaitu Microsoft SwiftKey yang memiliki kemiripan dengan Gboard  dari segi fungsi, fitur, serta beragam fungsionalitas lainnya.

kamu bisa menggunakan beberapa cara di atas untuk mengatasi Gboard  Android kamu yang telah berhenti secara tiba-tiba. Selamat mencoba.

Rekomendasi Artikel Lainnya