BLANTERORBITv102

5 Cara Screenshot OPPO A57, Paling Mudah Dicoba!

12/15/22
5 Cara Screenshot OPPO A57

Bukan hal yang umum lagi disaat kita sedang browsing atau chat di beberapa kesempatan ada suatu informasi yang penting tapi tidak tahu bagaimana menyimpan suatu kepentingan tersebut.

Pastinya ada cara bagaimana menyimpan informasi yang penting tersebut, terutama dengan menggunakan fitur screenshot tampilan layar ponsel. Pada saat sudah melakukan screenshot pada layar ponsel, hasil tangkapan layar tersebut akan tersimpan di menu galeri ponsel.

Jadi OPPO A57 ini masih termasuk kepada seri bagian OPPO A tapi sudah mendapatkan banyak pembaharuan dari beberapa versi ponsel sebelumnya.

Contohnya beberapa inovasi yang sudah di implementasikan kepada OPPO A57 seperti sudah mengusung desain OPPO Glow. Memberikan kesan dengan frame datar hingga layaknya mempunyai stylish yang inovatif.

Bukan sampai disitu saja, OPPO A57 ini mempunyai kesan unggul tersendiri seperti sudah dibekali dengan penyimpanan internal 1TB dengan baterai 5.000 mAh serta sudah berlaku layanan fast charging 33W SUPERVOOC hingga desain layar 6,56 inci dibalut bersama mix warna. 

Tapi untuk kesempatan ini kita akan mengulas lebih dalam mengenai fitur screenshot dan bagaimana cara screenshot pada ponsel OPPO A57. Seperti halnya, OPPO A57 ini didukung dengan fitur screenshot menggunakan tombol atau screenshot tanpa tombol hingga hanya melalui gerakan gestur.

Melalui ulasan ini kita akan lebih mendalami beberapa cara dalam hal pengambilan screenshot di OPPO A57. 

Cara Screenshot OPPO A57 Terbaru

Cara screenshot OPPO A57 melalui tombol fisik

Pada umumnya cara screenshot melalui tombol fisik juga masih tetap diberlakukan kepada seri OPPO A57 dan untuk cara lebih jelasnya bisa melalui tutorial di bawah ini:

  • Tentukan tampilan layar yang akan di take / screenshot
  • Lalu tekan secara bersamaan tombol power + tombol volume bawah 
  • Dan kalau layar sudah muncul notifikasi kedip berarti screenshot layar sudah berhasil.
Disarankan kamu menyesuaikan dalam menekan kedua tombol tersebut secara bersamaan karena apabila salah dalam mengoperasikan hal tersebut bisa saja akan memunculkan menu mematikan ponsel / turn off. 

Hal tersebut dikarenakan terlalu lama dan kemungkinannya juga saat menekan kedua tombol tersebut kurang bersamaan.

Tapi bisa juga disebabkan karena sistem Android pada ponsel yang anda gunakan kurang support dalam fitur tersebut.

Beberapa kemungkinan yang bisa terjadi kalau keseringan menggunakan cara screenshot seperti ini bisa memungkinkan kedua tombol tersebut bakal mengalami kerusakan. 

Walaupun begitu cara seperti ini hanya beberapa dari sekian yang bakal kita rekomendasikan kepada kamu bagaimana cara yang lebih baik. 

Melalui ikon pada bar notifikasi

Tenang kamu masih dapat menggunakan ikon screenshot yang telah terdapat pada bar notifikasi.
  • Tentukan bagian yang bakal di tangkap layar / screenshot
  • Lalu masuk pada bagian bar notifikasi melalui menarik layar dari atas ke bawah dan pilih ikon screenshot yang tersedia. Biasanya akan tampak seperti ikon gunting dan juga bisa seperti model lembaran kertas
  • Kalau ikon tersebut sudah muncul, kamu dapat melakukan tap pada bagian tersebut dan secara otomatis screenshot akan di proses.
  • Hasil screenshot tersebut bakal tersimpan pada menu Galeri
Note: Kemungkinannya kalau ikon screenshot belum tersedia, kamu dapat cek pengaturan bar notifikasi. Karena sering terjadi ikon screenshot tersebut belum ditampilkan. Jadi untuk membuat ikon screenshot tersebut muncul, kamu dapat mengatur ulang bar notifikasi.

Cara screenshot OPPO A57 melalui gesture

Bisa jadi kamu sudah pernah melakukan cara ini sebelumnya karena screenshot 3 jari merupakan suatu cara favorit dan umum sekali digunakan karena praktis dan tergolong tidak ribet untuk dilakukan.

Karena sudah didukung dengan menggunakan fitur Gesture, pastinya bakal lebih memudahkan kepada para pengguna ponsel OPPO A57 untuk melakukan screenshot.

Mengenai cara selengkapnya bagaimana melakukan screenshot 3 jari ini bisa kalian coba melalui tutorial ini:
  • Buka menu Pengaturan yang tersedia pada ponsel
  • Cari menu Pengaturan Sistem dan tap menu tersebut
  • Pilih bagian Gestur & Gerakan
  • Dan aktifkan layanan "Usap turun 3 jari untuk gambar layar"
Kamu sudah dapat melakukan screenshot 3 jari jika sudah mengaktifkan fitur tersebut pada ponsel OPPO A57. 

Dan kamu juga dapat mengaktifkan fitur "tekan terus dengan 3 jari untuk gambar layar" yang tentunya dapat diaktifkan melalui bagian Pengaturan > Gesture & Motion. 

Hal tersebut bisa menjadi rekomendasi bagi kamu untuk bisa mendapatkan pengalaman yang lebih karena cara tersebut akan dapat mengambil screenshot sebagian.

Karena terkadang beberapa momen atau keadaan mengharuskan untuk mengambil bagian tertentu pada layar ponsel hanya dengan menggeser pada titik objek yang akan di tangkap layar atau screenshot.

Cara screenshot bilah samping cerdas ponsel OPPO A57

Nah, dalam metode bilah samping cerdas ini dapat dibuka hanya melalui menarik ke tengah panel pada bagian samping layar dan biasanya berbentuk seperti garis transparan warna putih yang berada di pojok layar.

Melalui fitur tersebut kamu bakal mendapatkan bagian screenshot atau tombol screenshot pada fitur tersebut.

Walaupun begitu cara ini tidak langsung dapat dilakukan karena harus diaktifkan terlebih dahulu layanan Bilah Samping Cerdas. 
  • Buka Pengaturan pada ponsel
  • Gulir ke bawah sampai menemukan menu Fitur Khusus dan buka menu tersebut
  • Lalu pilih Bilah Samping Cerdas beserta diaktifkan juga menu tersebut.
Seperti umumnya kalau sudah diaktifkan dengan benar maka bakal tampil pada layar ponsel OPPO A57 panel Bilah Samping Cerdas yang berada di bagian pojok kanan layar. 

Dan untuk menggunakan panel tersebut, tarik panel ke tengah layar untuk membukanya lalu pilih bagian menu Cuplikan Layar agar dapat melakukan proses pengambilan screenshot.

Cara screenshot panjang OPPO A57

Umumnya dari beberapa ponsel disaat kita mau mengambil screenshot panjang tentunya kita perlu menentukan halaman yang akan di take screenshot. Dan dengan jelas bahwa halaman tersebut dapat di scroll ke bawah.
  • Menyiapkan bagian area yang akan di take screenshot
  • Gunakan metode screenshot yang sudah di ulas sebelumnya
  • Dan dengan begitu layar berkedip dan juga dibarengi bunyi screenshot
  • Lalu bakal tampil gambar kecil seperti mengambang pada bagian sisi kiri layar di bawah
  • Pilih tombol Pengguliran yang terdapat di bawah gambar kecil
Solusi terakhir kalau kamu masih mengalami masalah pada screenshot OPPO A57 dapat menggunakan metode pihak ketiga. Maksudnya kamu bisa memilih dari sekian banyak aplikasi pendukung untuk melakukan screenshot pada ponsel yang tersedia di Play Store tentunya.

Harusnya dari sekian cara screeenshot OPPO A57, kamu sudah dapat melakukan beberapa cara diatas dan juga bisa menyesuaikan cara screenshot yang perlu untuk kalian gunakan. 

Melalui ulasan artikel ini dapat memberi solusi dan menyelesaikan yang sebelumnya apa yang tidak diketahui menjadi lebih jelas dan juga bermanfaat.

Rekomendasi Artikel Lainnya