BLANTERORBITv102

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa di Cas Batre Tanam dengan Sederhana

4/18/23
Cara Mengatasi HP Tidak Bisa di Cas Batre Tanam

Cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam perlu untuk Anda ketahui. Apabila mendapati HP tidak bisa dicas pada baterai tanam tidak perlu khawatir. Hal itu karena terdapat berbagai cara untuk mengatasi HP tidak bisa di cas.  

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa baterai tanam tidak bisa dilepas pasang sesuai keinginan. Maka dari itu apabila terdapat masalah terhadap baterai tidak bisa langsung cek kondisi dalam baterai.

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa di Cas Batre Tanam 

Saat ini hampir semua produk HP sudah menggunakan baterai tanam. Seiring berjalannya waktu dan penggunaan sehari-hari HP akan mengalami kerusakan. 

Berbagai kerusakan mungkin saja terjadi seperti pada software atau hardware. Umumnya masalah yang sering dialami para pengguna HP yaitu pada bagian baterai.  

Masalah yang sering ditemukan yaitu tidak bisa dicas atau tidak menambah dayanya ketika dicas. Umumnya baterai yang tidak bisa di cas penyebabnya dari baterai itu sendiri. 

Tetapi komponen pendukung HP seperti charger, adaptor, sampai kabel juga bisa menjadi penyebab baterai tidak bisa dicas. 

Berikut ini merupakan beberapa cara mengatasi HP tidak bisa dicas pada baterai tanam:

1. Bersihkan Port Charger Smartphone

Cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam yang pertama yaitu dengan membersihkan charger. 

Baterai tanam yang tidak melakukan charging bisa saja terjadi karena kerusakan pada bagian port charger. 

Charger merupakan tempat mencolokan kabel charger sebagai penghubung untuk mengalirkan daya dari sumber listrik ke HP. Apabila komponen ini mengalami masalah maka akan berdampak saat pengecasan HP.  

Sebaiknya lakukan cek port charger pada HP yang Anda gunakan. Apabila terdapat kotoran atau debu yang menyumbat segera bersihkan kotoran tersebut. 

Debu dan kotoran yang menyumbat pada HP bisa menjadi penghalang ketika pengisian daya. Sehingga saat melakukan charging untuk isi daya tidak akan maksimal.

2. Menekan Tombol Power dan Volume

Anda bisa menekan tombol power dan volume secara bersama ketika HP tidak bisa dicas atau tidak terdeteksi ketika sedang charging. 

Tekan tombol volume atas, volume bawah, dan tombol power bersama menghubungkan charger pada HP. Jangan melepas tekanan tombol sampai HP menyala.  

Jika HP Anda sudah berhasil menyala maka bisa melepas tekanan tombol. Jika tombol power pada HP rusak bisa menekan tombol volume atas dan volume bawah saja.

3. Cas HP Menggunakan Charger Kapasitas Ampere Tinggi

Cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam selanjutnya yaitu mencoba menggunakan charger dengan kapasitas ampere tinggi. 

Charger dengan kapasitas ampere yang tinggi yaitu charger yang sudah memiliki fast charging. Anda bisa menggunakan charger dengan kapasitas ampere tinggi untuk cas HP.  

Setelah beberapa menit cas HP dan sudah masuk dayanya, Anda bisa mengganti cas menggunakan charger bawaan handphone. Hal ini bisa Anda lakukan supaya IC charger HP tidak cepat rusak.

4. Melepaskan SIM Card dan Micro SD

Anda bisa mengatasi HP tidak bisa charging pada baterai tanam dengan melepaskan sim card dan micro SD terlebih dahulu. 

HP tidak bisa charging bisa karena smartphone lemot sebab aplikasi atau data penyimpanan yang banyak. 

Ruang penyimpanan yang penuh bisa mempengaruhi kinerja HP ketika melakukan charging. Anda bisa menghapus beberapa file atau aplikasi yang tidak penting pada HP terlebih dahulu.  

Ketika penyimpanan sudah lega bisa mencoba untuk charging HP. Selain itu, Anda juga bisa melepaskan sim card dan micro SD yang terpasang pada HP terlebih dahulu. Selanjutnya Anda bisa melakukan isi daya kembali pada HP. 

Nah, itu tadi ulasan tentang beberapa cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam. Jangan panik terlebih dahulu Apabila mendapat di HP tidak bisa melakukan charging karena bisa melakukan beberapa cara tersebut.

Rekomendasi Artikel Lainnya