BLANTERORBITv102

Cara Memasukkan IDM ke Chrome Beserta Mengatasi Menu Chrome Tidak Muncul

5/24/23
Cara Memasukkan IDM ke Chrome

Cara memasukkan IDM ke Chrome sebenarnya tidak sulit. Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah saja tanpa harus ribet.

Istilah IDM ini pasti akan muncul jika tengah berbicara mengenai cara download video yang cepat di internet. IDM ini menjadi salah satu cara yang mudah, cepat, dan sederhana untuk mengunduh video di internet.

Tetapi, seringkali IDM tidak muncul di salah satu browser. Jika IDM ini tidak muncul di browser Chrome, maka Anda bisa mengintegrasikannya dengan cepat dan mudah.

Bagaimana Cara Memasukkan IDM ke Chrome?

Sebelum membahas caranya, Anda tentu harus mengetahui sejarah dan arti dari IDM. Sebenarnya IDM adalah singkatan dari Internet Download Manager.

Ini adalah sebuah software download manager yang merupakan milik sebuah perusahaan di Amerika bernama Tonec, Inc. Perusahaan ini berada di New York City.

IDM sendiri hanya dapat digunakan di komputer dengan Sistem Operasi dari Windows. Jadi, para pengguna MAC tidak akan bisa menggunakan IDM.

Keunggulan dari IDM adalah bisa menggunakan bandwidth dengan penuh, sehingga tentu saja memiliki kecepatan download yang di atas rata-rata.

Selain itu, IDM juga bisa menyimpan link download yang belum selesai dan langsung melakukan proses download kembali dari titik terakhir diunduh.

Terkadang masalah muncul karena IDM tidak muncul di Chrome atau browser lainnya. Jika ini terjadi pada Anda, maka harus melakukan cara memasukkan IDM ke Chrome ini.

Memasukkan Ekstensi IDM ke Chrome

Apabila Anda masih kebingungan mengenai bagaimana cara mengintegrasikan IDM ke Google Chrome, maka berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi IDM dan pergi ke kolom Option. Ketika klik Option, maka akan keluar jendela baru.
  • Setelah itu pilih menu General yang merupakan bagian untuk mengurus integrasi IDM dengan browser dan setting lainnya.
  • Centang tanda pada menu Advance Integration yang terletak di bagian paling bawah, di atas kolom "Following Browser".
  • Perhatikan baik-baik, jika kolom Chrome belum tercentang, segera centang agar IDM muncul di Chrome.

Bagaimana Jika Menu Chrome Tidak Muncul?

Cara memasukkan IDM ke Chrome akan selesai jika cara di atas sudah Anda lakukan. Namun, terkadang menu Chrome tidak ada di dalam IDM.

Apabila itu terjadi, Anda perlu menambahkan ekstensi ke Chrome terlebih dahulu. Berikut caranya:

  • Buka bagian titik tia di pojok kanan tampilan Chrome.
  • Klik Another Feature atau Fitur Lainnya, klik ekstensi.
  • Biarkan ekstensi terbuka, buka My Computer dan buka Program Files.
  • Kemudian, buka folder Internet Download Manager yang tersedia. Jika tidak ada di Program Files, coba cari di bagian Program Files (x86).
  • Buka folder itu dan kemudian cari IDMGCext.crx.
  • Drag dan Drop file tersebut di dalam ekstensi Chrome.
  • Apabila muncul "Extension can harm", maka klik saja Continue.
  • Setelah itu nyalakan ekstensi IDM yang sudah terpasan di Chrome

Umumnya dengan memasang ekstensi IDM di Chrome, maka menu browser Chrome akan muncul di pilihan aplikasi IDM. Jika tidak muncul juga, Anda bisa memperbarui atau menginstal ulang aplikasi IDM.

Pada dasarnya, IDM ini hanya dapat digunakan di laptop berbasis Windows. Anda tidak bisa menggunakan IDM di perangkat yang bukan Windows apalagi perangkat smartphone.

Anda bisa melakukan cara memasukkan IDM ke Chrome tersebut dengan sangat mudah dan cepat. Dengan menggunakan IDM, maka proses download video internet Anda akan jauh lebih cepat tanpa harus menunggu lama.

Rekomendasi Artikel Lainnya