BLANTERORBITv102

Cara Mengatasi Volume HP Naik Turun Sendiri dan Penyebab yang Umum

5/11/23
Cara Mengatasi Volume HP Naik Turun Sendiri

Cara mengatasi volume HP naik turun sendiri dan penyebab perlu Anda ketahui. Terdapat berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi volume HP yang naik turun sendiri. 

Tentunya volume HP yang naik turun sendiri akan mengganggu pemilik ketika sedang menggunakan HP. Sehingga perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu sebelum mengatasi.

Cara Mengatasi Volume HP Naik Turun Sendiri dan Penyebab yang Umum Terjadi

Sebagian orang pernah mengalami volume HP naik turun sendiri ketika sedang beraktivitas seperti chatting, bermain sosial media, bahkan ketika bermain game. 

Terkadang volume juga bisa naik turun sendiri ketika sedang mendengarkan musik. Hal itu tentu sangat mengganggu dan tidak membuat nyaman ketika mendengarkannya. Terdapat beberapa penyebab HP naik turun sendiri yang bisa Anda ketahui seperti berikut ini: 

  1. Menekan tombol volume terlalu keras
  2. Komponen internal ponsel rusak
  3. Terdapat debu pada tombol volume
  4. Aplikasi bawaan ada yang rusak
  5. Penggunaan speaker terus-menerus
  6. Tombol volume kemasukan air
  7. Penggunaan headset rusak sebelah terus menerus
  8. Sistem internal sedang mengalami error

Solusi Mengatasi Volume HP Naik Turun Sendiri

Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi forum apa yang tidak stabil. Setelah mengetahui beberapa penyebabnya Anda bisa memperbaiki volume HP tersebut dengan mudah. Berikut ini merupakan cara mengatasi volume HP naik turun sendiri dan penyebab:

1. Bersihkan HP dari Debu dan Kotoran

Untuk mengatasi volume HP yang naik turun sendiri Anda bisa membersihkannya dari debu dan kotoran. Debu dan kotoran yang menumpuk bisa menjadi salah satu penyebab tombol volume tidak berfungsi dengan baik. Maka dari itu, bisa langsung membersihkan bagian yang kotor pada HP sampai bersih.  

Anda bisa membersihkan bagian dalam HP menggunakan kuas halus atau alat vakum. Apabila Anda tidak bisa membersihkan HP sendiri maka bisa membawanya ke tempat service.

2. Menggunakan Aplikasi Volume Control

Cara mengatasi volume HP naik turun sendiri dan penyebab sakitnya yaitu dengan menggunakan bantuan aplikasi volume control. 

Volume control menjadi aplikasi yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat volume naik dan turun tanpa menekan tombol pada HP. Aplikasi ini menjadi pilihan terbaik untuk menggantikan fungsi tombol volume pada ponsel karena kerusakan pada tombol itu sendiri atau dari sistem.  

Tidak hanya itu, aplikasi volume control ini juga bisa mengunci supaya volume HP tidak naik turun sendiri. Anda bisa mendapatkan aplikasi ini langsung pada Google PlayStore.

3. Melakukan Restart

Anda bisa melakukan restart pada HP untuk mengatasi volume HP yang naik turun sendiri. Umumnya dengan melakukan restart bisa untuk mengatasi berbagai masalah error pada smartphone. 

Jika volume HP naik turun sendiri karena adanya sistem internal yang error makam lakukan restart menjadi salah satu cara yang efektif. Anda bisa melakukan restart dengan tekan dan menahan tombol power beberapa saat sampai muncul notifikasi restart.  

Ketika proses restart sudah berhasil ada bisa langsung cek apakah masih ada masalah volume HP yang naik turun Sendiri. Langkah ini bisa mudah Anda lakukan pada berbagai merk HP Android. 

Nah, itu tadi ulasan tentang beberapa cara mengatasi volume HP naik turun sendiri dan penyebab. Anda bisa melakukan beberapa cara tersebut ketika mendapati volume HP yang tidak stabil dan naik turun sendiri. Selain itu, Anda juga bisa merawat HP dengan baik supaya tidak terjadi kerusakan pada HP.

Rekomendasi Artikel Lainnya