BLANTERORBITv102

5+ Cara Hemat Data Saat Menggunakan WhatsApp Dengan Langkah Sederhana

10/18/23
Cara Hemat Data Saat Menggunakan WhatsApp

Mungkin salah satu diantara sobat rfa saat ini termasuk di antara pengguna yang aktif memanfaatkan WhatsApp dalam berbagai kegiatan sehari-hari. 

Mulai dari menerima pesan teks (chat) , berbagi video dan foto, hingga melakukan panggilan suara dan video.

Namun, perlu diingat bahwa WhatsApp memerlukan akses internet yang signifikan, terutama ketika mengirimkan video atau foto berkualitas tinggi yang memuat sumber daya yang banyak, yang tentunya dapat menghabiskan kuota data yang kamu punya saat ini. 

Jadi daripada kuota selalu terkuras habis dengan berbagai hal yang sebenarnya dapat disolusikan, kamu bisa terapkan beberapa solusi dibawah ini untuk meminimalisir kuota yang kamu miliki. 

Cara Menghemat Data Saat Menggunakan WhatsApp

1. Menonaktifkan pengunduhan data otomatis

Pengunduhan data media otomatis yang dijalankan seperti pada foto, video, dokumen dan audio menjadi faktor penyebab utama penggunaan kuota data yang tinggi. 

Hal ini disebabkan karena media (foto / video) memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan pesan teks (chat) yang biasanya relatif kecil. 

Jadi solusinya disarankan untuk men jigurangi unduhan otomatis dan secara selektif memilih media yang perlu diunduh.

Untuk caranya:

  • Langkah pertama, bukalah menu Setelan dan pilih Penyimpanan & Data.
  • Selanjutnya, perhatikan opsi Unduh Otomatis Media. 
  • Di bagian bawah "Saat menggunakan data seluler" lebih baik hilangkan semua tanda centang, seperti (bisa disesuaikan format mana yang kurang diperlukan) 
  • Tetapi, untuk pengaturan saat terhubung ke Wi-Fi, Anda bisa membiarkannya tanpa menghilangkan centang.
Dengan hal ini akan lebih mengelola penggunaan data seluler pada aplikasi WhatsApp terutama pada media yang mempunyai daya kapasitas yang besar. 

Dan untuk bagian pengaturan WiFi akan membuat secara otomatis melakukan pengunduhan jika ada suatu media yang masuk pada media yang terkait. 

2. Menonaktifkan background data

Kuota internet yang kamu miliki akan terus digunakan tanpa sadar, bahkan ketika kamu tidak sedang menggunakan aplikasi WhatsApp, karena aplikasi tersebut tetap aktif di latar belakang (background) ponsel. 

Nah agar dapat lebih mengelola penggunaan kuota internet kamu dapat mematikan data yang terdapat di background yang terkait dengan WhatsApp. 

Namun, perlu diingat bahwa kamu hanya akan menerima pesan saat Anda membuka aplikasi WhatsApp.

Artinya, WhatsApp akan aktif kembali dan menerima pesan hanya saat kamu membuka kembali aplikasi tersebut. 

Berikut adalah langkah-langkah untuk mematikan background data terkait WhatsApp. 

Simak caranya:
  • Buka menu Pengaturan pada ponsel. 
  • Selanjutnya, pilih opsi Aplikasi.
  • Scroll layar hingga menemukan WhatsApp, atau gunakan kolom pencarian agar lebih mudah. 
  • Ketuk WhatsApp, lalu pilih Data Seluler.
  • Terakhir, matikan opsi Izinkan penggunaan data latar belakang belakang (background data). 

3. Mengelola fitur backup chat WhatsApp

Dalam konfigurasi standarnya WhatsApp secara otomatis akan menyimpan pesan dan konten media yang kamu miliki ke akun Google Drive setiap harinya. 

Meskipun proses pencadangan ini tentunya akan memberikan manfaat yang lumayan baik tapi perlu diingat bahwa penggunaan data internet dapat meningkat sebagai konsekuensinya. 

Namun, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengelola pencadangan data ini sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Kamu dapat dengan mudah menyesuaikan pengaturan pencadangan chat agar hanya berlangsung pada waktu yang kamu tetapkan dan dalam jaringan tertentu yang Anda tentukan. 

Dengan demikian, Anda bisa mengatur pengalaman menggunakan WhatsApp dengan lebih baik dan memastikan efisiensi penggunaan data Anda.

Langkah-langkah berikut akan membantu Anda mengatur pengaturan pencadangan WhatsApp dengan lebih tepat: 
  • Buka aplikasi WhatsApp pada perangkat Anda. 
  • Navigasi ke opsi "Settings" (Setelan). 
  • Pilih "Chat" dan lanjutkan dengan memilih "Chat backup." 
  • Di dalam Chat backup temukan opsi Back up to Google Drive dan pilihlah Only when I tap 'Back up'. 
  • Selanjutnya, konfigurasikan WhatsApp agar hanya melakukan pencadangan data ketika Anda terhubung melalui jaringan Wi-Fi. 
  • Untuk melakukan ini pada perangkat Android, buka menu Settings lalu Chat 
  • Lalu masuk ke Chat backup dan Backup Over terakhir tap Wi-Fi.
Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat mematikan pencadangan otomatis sehingga WhatsApp hanya akan melakukan pencadangan data saat Anda memilih untuk melakukannya secara manual, dan hanya ketika terhubung ke jaringan Wi-Fi. 

Ini akan membantu menghemat penggunaan data seluler Anda dan mengoptimalkan pengalaman pengguna WhatsApp Anda.

4. Menggunakan fitur penghemat pada data Android

Di perangkat Android, Anda memiliki kemampuan untuk memanfaatkan fitur penghemat data yang juga mungkin tersedia di iPhone (iOS). 

Fitur ini memberikan Anda kontrol lebih besar atas penggunaan data pada berbagai aplikasi, terutama yang terkait dengan media sosial, email, notifikasi pesan, latar belakang, dan sebagainya. Anda dapat dengan mudah mengaktifkan fitur ini pada perangkat dengan sistem operasi Android yang sudah berbasis diatas 7.0

Dengan fitur penghemat data, Anda dapat membatasi penggunaan data aplikasi, sehingga lebih efisien dan hemat.

Untuk mengaktifkan fitur Penghemat data pada perangkat Android Anda, ikuti langkah-langkah berikut:
  • Buka menu "Pengaturan" pada perangkat Anda. 
  • Gulir ke bawah dan temukan opsi "Pengaturan jaringan & nirkabel." 
  • Di bawah "Pengaturan jaringan & nirkabel," pilih "Data seluler." 
  • Selanjutnya, pilih "Penghemat data." 
  • Aktifkan fitur "Penghemat data" dengan menggeser tombol pengaturan ke posisi "On." 
Dengan langkah-langkah ini, Anda berhasil mengaktifkan fitur Penghemat data pada perangkat Android Anda. Ini akan membantu Anda mengontrol penggunaan data aplikasi dengan lebih efisien dan menghemat kuota data seluler Anda.

Terlepas dari hal itu akan lebih baik jika memahami versi perangkat yang kamu gunakan saat ini karena setiap versi dari perangkat ponsel yang digunakan tentunya mempunyai peletakan fitur dan beberapa bagian yang mempunyai hal yang berbeda.

5. Mengecek aktivitas pada penggunaan data WhatsApp

Dalam versi terbaru WhatsApp, Anda sekarang memiliki kemampuan untuk dengan mudah memantau dan mengelola penggunaan data Anda dengan bantuan fitur statistik. Fitur ini memberikan Anda informasi yang sangat berguna tentang data yang Anda kirim dan terima dalam periode waktu tertentu. 

Statistik yang dapat diakses mencakup berbagai aspek, termasuk panggilan, media, penggunaan Google Drive, pesan, status, dan bahkan penggunaan data saat berada di luar negeri (roaming). 

Ini adalah alat yang sangat berguna untuk memastikan Anda dapat mengontrol dan mengelola penggunaan data WhatsApp Anda sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Untuk melihat statistik penggunaan data Terkirim dan Diterima di WhatsApp versi terbaru, ikuti langkah-langkah berikut: 
  • Buka menu "Setelan" pada aplikasi WhatsApp Anda. 
  • Selanjutnya, pilih "Penyimpanan dan data." 
  • Di dalam "Penyimpanan dan data," pilih "Penggunaan jaringan." 
  • Di sana, Anda akan melihat statistik penggunaan data "Terkirim" (yang Anda kirim) dan "Diterima" (yang Anda terima) pada perangkat Anda. 
Dengan langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah mengakses statistik penggunaan data WhatsApp Anda dan memantau penggunaan data dalam berbagai kategori.

Anda juga memiliki opsi untuk melakukan penyetelan ulang statistik di menu bawah layar statistik. Ketuk "Setel ulang statistik" untuk memulai ulang penghitungan penggunaan data. 

Ini akan membantu Anda memantau penggunaan data ke depan, sehingga Anda bisa menilai apakah penggunaan data Anda lebih hemat atau lebih boros dalam jangka waktu tertentu. 

Anda dapat memanfaatkan opsi ini dengan melakukan penyetelan ulang statistik, misalnya, setiap bulan, sehingga Anda memiliki pemahaman yang lebih baik tentang seberapa efisien Anda dalam menggunakan data WhatsApp. 

Hal ini dapat membantu Anda mengelola kuota data Anda dengan lebih baik dan menghindari kejutan tagihan data yang tinggi.

6. Memanfaatkan fitur pencadangan chat

WhatsApp memang menyediakan fitur pencadangan yang memungkinkan Anda untuk menyimpan data secara online pada Cloud Storage dengan mengirimnya ke Google Drive. 

Penting untuk diingat bahwa semakin banyak data yang Anda simpan di WhatsApp, semakin besar pula ukuran backup yang akan disimpan di Google Drive. 

Oleh karena itu, sangat bijaksana untuk membatasi penggunaan fitur ini hanya saat Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi atau saat Anda secara manual memilih untuk mencadangkan data dengan mengetuk opsi "Cadangkan." 

Dengan cara ini, Anda dapat menjaga agar penggunaan data seluler Anda tetap terkendali dan mencegah penggunaan data yang tinggi akibat pencadangan otomatis yang berjalan sepanjang waktu.

Untuk mengatur pencadangan chat WhatsApp sesuai preferensi Anda, ikuti langkah-langkah berikut:
  • Buka aplikasi WhatsApp dan masuk ke dalam obrolan. 
  • Ketuk ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas untuk membuka menu. 
  • Pilih "Setelan" (Settings). 
  • Selanjutnya, pilih "Chat." 
  • Di bawah opsi "Cadangan chat," ketuk "Cadangkan ke Google Drive." 
  • Pilih opsi yang sesuai dengan preferensi Anda: 
    1. "Hanya ketika saya mengetuk 'Cadangkan'" akan membuat WhatsApp hanya melakukan pencadangan ketika Anda secara manual memilih untuk mencadangkan data. 
    2. "Jangan pernah" akan menonaktifkan pencadangan otomatis ke Google Drive. 
Dengan langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah mengatur bagaimana WhatsApp akan mencadangkan data chat Anda ke Google Drive sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk memastikan pencadangan data hanya terjadi saat perangkat Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi, ikuti langkah-langkah ini dalam fitur "Setelan Google Drive" pada WhatsApp: 
  • Buka aplikasi WhatsApp dan masuk ke dalam obrolan. 
  • Ketuk ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas untuk membuka menu. 
  • Pilih "Setelan" (Settings). 
  • Selanjutnya, pilih "Chat." 
  • Di bawah opsi "Cadangan chat," ketuk "Cadangkan melalui," pilih opsi "Wi-Fi." 
Dengan mengatur opsi ini, WhatsApp hanya akan mencadangkan data chat Anda ke Google Drive saat perangkat Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi. 

Hal ini akan membantu menghindari penggunaan data seluler yang tinggi saat proses pencadangan berlangsung, sehingga Anda dapat menghemat kuota data seluler Anda.

Rekomendasi Artikel Lainnya