BLANTERORBITv102

Solusi Tepat! Cara Mengatasi Notifikasi Tidak Muncul Di HP Xiaomi Beserta Panduannya

11/25/23
Cara Mengatasi Notifikasi Tidak Muncul Di HP Xiaomi

Dengan peran dari teknologi yang semakin penting tidak dapat dipungkiri bahwa ponsel menjadi suatu perangkat yang mempunyai peran penting untuk sehari-hari terutama dalam menjalani berbagai aktivitas.

Tapi terkadang apalagi yang menggunakan perangkat ponsel Xiaomi, ada suatu momen dimana mengalami gangguan yang cukup tidak menyenangkan yang mana ada suatu notifikasi yang tidak masuk atau notifikasi yang tidak muncul pada HP xiaomi. 

Apalagi kalau informasi tersebut bersifat penting pastinya akan memberikan dampak yang kurang baik bagi penerima pesan informasi tersebut dan akan memberikan kerugian bagi pengguna ponsel.

Untuk itu, melalui artikel ini sobat rfa akan memberikan rincian dengan berbagai metode yang bisa kamu gunakan untuk dapat mengatasi permasalahan mengenai notifikasi yang tidak muncul di HP xiaomi.

Tentunya akan didasari melalui pengecekan pengaturan dasar hingga mengatasi permasalahan yang lebih lanjut. 

Simak dengan sebaik mungkin langkah-langkah dibawah ini untuk mendapatkan informasi dan solusi dalam mengatasi masalah mengenai notifikasi yang tidak muncul pada hp xiaomi.

Penyebab notifikasi tidak muncul di HP Xiaomi

1. Izin notifikasi yang dinonaktifkan

Kamu harus mengecek dengan baik apakah izin notifikasi pada sistem dan aplikasi sudah diaktifkan.

2. Koneksi internet yang kurang baik

Untuk mengurangi adanya permasalahan mengenai notifikasi tidak muncul di hp xiaomi, kamu harus memastikan bahwa koneksi internet yang kamu gunakan sudah benar baik dan lancar dengan tingkat kestabilan yang bagus.

3. Permasalahan bugs pada MIUI

Bisa saja ada masalah mengenai interface MIUI yang mengakibatkan sistem pada notifikasi tersebut kurangnya berjalan dengan normal.

4. Aplikasi tidak aktif di latar belakang ponsel

Pastinya aplikasi yang tidak berjalan dan tidak aktif pada latar belakang ponsel akan berpengaruh pada notifikasi yang masuk tidak menjadi secara langsung. 

Cara mengatasi notifikasi tidak muncul di hp xiaomi

Untuk mengatasi notifikasi yang tidak muncul ini kamu bisa pahami dengan lebih detail melalui urutan solusi di bawah ini.

Mengecek bagian pengaturan aplikasi

Salah satu solusi yang paling cepat ialah melalui pengecekan pada pengaturan aplikasi, untuk cara selengkapnya seperti langkah-langkah berikut :
  • Buka bagian menu "Settings" pada perangkat ponsel Xiaomi
  • Selanjutnya, pilih opsi "Apps" atau "Applications"
  • Berikutnya cari dan pilih aplikasi mana yang mengalami masalah perihal notifikasi, misalnya seperti WhatsApp, Twiiter ataupun Telegram.
  • Periksa dengan baik apakah opsi pada "Show Notifications" atau "Display Notifications" sudah benar-benar diaktifkan.

Melakukan hapus data & cache aplikasi

Untuk caranya seperti di bawah ini :
  • Buka "Setelan" pada ponsel perangkat ponsel tersebut
  • Pilih pada menu "Apps"
  • Cari aplikasi yang ingin dilakukan penghapusan data & cache
  • Pilih aplikasi tersebut misalnya WhatsApp atau Telegram
  • Pilih pada bagian bawah Clear Data atau Clear Cache sesuai dengan apa yang ingin digunakan.
Solusi lainnya kamu juga dapat menggunakan aplikasi pembersih seperti Cleaner yang sudah ada dengan bawaan pada perangkat ponsel Xiaomi atau juga dapat menggunakan aplikasi Cleaner yang ada di Google Play Store.

Ataupun kamu bisa coba melakukan re-install pada aplikasi yang mengalami masalah dan dapat menginstall kembali aplikasi tersebut melalui Play Store. 

Menjalankan pengoptimalan pada notifikasi sistem

Mengenai cara selengkapnya seperti berikut ini :
  • Buka kembali bagian "Pengaturan"
  • Masuk ke menu "Pemberitahuan & Kontrol" atau disesuaikan dengan perangkat masing-masing.
  • Aktifkan pada opsi "Pemberitahuan Floating" atau "Pemberitahuan Lock Screen"

Menonaktifkan mode do not disturb 

Mengenai cara langkah-langkah detailnya seperti berikut :
  • Buka menu "Setelan" pada ponsel Xiaomi
  • Pilih bagian "Suara & Getaran"
  • Selanjutnya tap pada opsi "Do not Disturb"
  • Terakhir, nonaktifkan fitur "Do not Disturb" dengan menggeser tombol tersebut ke kiri. 

Melakukan update pada sistem operasi ataupun aplikasi

Berikut ini adalah langkah-langkah melakukan update sistem operasi Xiaomi:
  • Buka menu "Setelan" 
  • Pilih pada opsi " Tentang Telepon"
  • Cari dan klik pada bagian " Pembaruan Sistem" jika ada pembaharuan / update pada perangkat ponsel tersebut silahkan "Unduh"
  • Tunggu proses unduhan sampai selesai dan klik "Pasang Sekarang" untuk menjalankan proses instalasi sistem operasi terbaru.
Untuk mengenai detail yang kedua pada update aplikasi bisa kamu cek kembali pada aplikasi yang mengalami permasalahan misalnya WhatsApp. Kamu dapat melakukan update aplikasi WhatsApp untuk versi terbaru melalui Play Store.

Cek kembali pada pengaturan baterai

Mengenai detail selengkapnya berikut ini :
  • Buka kembali bagian "Pengaturan" 
  • Pilih pada opsi "Baterai & Performa"
  • Cek apakah aplikasi yang mengalami masalah mengenai notifikasi tidak muncul tidak dioptimalkan penggunaannya aplikasinya dengan berlebihan

Mulai ulang / restart ponsel

Pada bagian ini pastinya rata-rata pengguna ponsel sudah memahami bagaimana melakukan restart pada ponsel masing-masing. 

Untuk itu tidak ada salahnya kamu coba cara yang satu ini untuk menangani permasalahan mengenai notifikasi tidak muncul dengan melakukan restart pada ponsel.

Melakukan pembaruan pada layanan Google Play

Kamu juga harus mengecek mengenai versi layanan Google Play Services atau Google Play Store yang sedang digunakan saat ini. 

Apabila versi dari layanan tersebut belum dilakukan update atau pembaharuan sebaiknya segera dilakukan update pada layanan tersebut untuk bisa memastikan kinerja dari setiap aplikasi yang kamu install.

Mengaktifkan mode pengembang 

Untuk caranya:
  • Buka bagian "Pengaturan" pada ponsel Xiaomi
  • Pilih opsi "Tentang Ponsel" dan ketuk pada nomor build dengan beberapa kali
  • Pada bagian opsi Pengembang, cek pada "Batasan Pemberitahuan" sudah dinonaktifkan atau tidak diatur.

Reset pengaturan pabrik / reset ponsel menjadi versi awal

Jika beberapa upaya sudah banyak kamu lakukan, solusi yang satu ini bisa menjadi bagian apabila sudah stuck ataupun kurangnya lagi bagaimana dalam mengatasi notifikasi tidak muncul. 

Tetapi sebenarnya cara yang satu ini harus dilakukan pertimbangan karena ini hanyalah alternatif dari cara terakhir. 

Dikarenakan cara ini juga akan menghapus berbagai data yang tersimpan pada ponsel. Itulah mengapa harus melakukan backup data terlebih dahulu sebelum melakukan reset pengaturan pabrik ponsel.

Mengenai cara mereset pengaturan pabrik pada ponsel Xiaomi seperti berikut ini :
  • Buka menu "Setelan" pada perangkat ponsel Anda.
  • Scroll ke bawah sampai menemukan opsi "Tentang Telepon"
  • Pilih opsi "Cadangkan & Setel Ulang"
  • Tap kembali bagian "Setel Ulang Telepon"
  • Lakukan tindakan konfirmasi dengan memilih opsi "Setel ulang telepon" kembali.
  • Proses akan berjalan dan diharapkan menunggu sampai proses tersebut berjalan selesai.

Menghubungi pihak resmi dukungan Xiaomi

Solusi untuk mengatasi masalah notifikasi tidak muncul juga bisa melalui menghubungi pihak dukungan xiaomi. 

Dengan menghubungi pihak dukungan pelanggan resmi Xiaomi harusnya akan lebih mendapatkan bantuan lebih lanjut mengenai masalah yang terjadi pada perangkat Xiaomi.

Dengan begitu, jika sudah menjalankan beberapa langkah-langkah yang sudah dipaparkan diatas tetapi masalah masih terus berlanjut, ada baiknya kamu menggunakan layanan dukungan resmi mengenai layanan pelanggan Xiaomi. 

Karena melalui dukungan layanan pelanggan Xiaomi akan lebih cepat dan lebih paham mengenai perangkat ponsel Xiaomi itu sendiri serta bisa memberikan bantuan khusus dengan menyesuaikan dari tingkat masalah dan kondisi pada perangkat Xiaomi tersebut.

Saya harap dengan panduan ini dapat menjadi manfaat bagi kamu yang sudah berkunjung dan yang paling penting dapat membantu mengembalikan fungsi pada perangkat ponsel yang kamu gunakan dapat berjalan optimal.

Harap berhati-hati dalam mengikuti setiap panduan langkah-langkah yang sudah dijelaskan dan sebaiknya memperhatikan opsi mana yang paling optimal untuk dijalankan atau dicoba.

FAQ : 

Apa fungsi hapus cache pada ponsel Xiaomi? 

Jadi dengan melakukan hapus cache pada perangkat ponsel Xiaomi akan membantu dalam mempengaruhi peningkatan kinerja dari ponsel dan dapat mengelola ruang penyimpanan lebih baik lagi. 

Sementara untuk defenisi singkatnya cache ini dapat dikatakan seperti data sementara yang disimpan oleh aplikasi pada ponsel. Mengenai pola kerjanya, cache ini akan semakin bertambah dengan semakin tingginya tingkat penggunaan pada aplikasi yang sedang digunakan tersebut.

Untuk itu menghapus cache sama saja kamu sudah membebaskan ruang penyimpanan dan yang paling penting bisa meningkatkan sistem kinerja ponsel.

Apa versi MIUI terbaru saat ini pada Xiaomi?

Mengenai versi pada MIUI terbaru menggunakan MIUI 13 dengan basis Android 11 dan Android 12. Akan tetapi pada update di bulan Juli 2023, Xiaomi merilis update MIUI 14 dengan role perangkat yang hanya mendukung dan sesuai dengan update MIUI terbaru tersebut. 

MIUI 14 ini akan didukung dengan basis Android 12 dan Android 13 dengan penyesuaian pada tingkatan setiap ponsel yang mendukung update tersebut. 

Melalui pembaharuan atau update tersebut akan lebih memungkinkan pengguna ponsel mendapatkan pengalaman yang lebih stabil dan kurangnya masalah mengenai bug.

Apakah data akan terhapus setelah melakukan reset pengaturan pabrik ?

Tentu saja iya, ini disebabkan karena data yang tersimpan pada ponsel Xiaomi pastinya akan mengalami penghapusan data dan akan melakukan proses reset menjadi pengaturan pabrik pada ponsel.

Jadi sangat penting untuk melakukan backup data / mencadangkan data yang tersimpan pada ponsel terutama data yang bersifat penting sebelum melakukan tindakan ini. Dan tenang saja tindakan ini tidak akan memberikan risiko keamanan pada ponsel jika dilakukan dengan tindakan yang benar.

Rekomendasi Artikel Lainnya