BLANTERORBITv102

Panduan Terbaru: Mengatasi Capcut Tidak Bisa Terhubung ke Internet Lengkap

12/04/23

Cara Mengatasi Capcut Tidak Bisa Terhubung Ke Internet

Sudah tidak menjadi asing lagi di masa sekarang berbagai aplikasi edit video sudah bertebaran dengan berbagai keunggulan fitur nya masing - masing. Aplikasi edit video yang menjadi keunggulan saat ini bisa dibilang ialah Capcut. 

Aplikasi Capcut ini bisa dibilang termasuk populer di kalangan edit video yang dikarenakan mempunyai berbagai fitur keunggulan seperti transisi, efek, musik, stiker dan teks dan beragam fitur lainnya.

Akan tetapi terkadang saat penggunaan aplikasi edit video tersebut pasti mengalami beberapa masalah seperti halnya capcut tidak ada koneksi internet. Pastinya dengan masalah tersebut akan membuat penggunaan aplikasi capcut akan kurang maksimal dan menjadi terhambat. 

Apalagi kalau video yang sudah di edit tersebut sudah selesai dan akan di upload ke platform media sosial tetapi menjadi terhambat dikarenakan capcut yang tidak ada koneksi internet.

Melalui artikel ini kita akan bahas bagaimana cara mengatasi capcut tidak ada koneksi internet beserta apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi terutama bagaimana solusi yang harus dilakukan. 

Penyebab Capcut tidak ada koneksi internet

Aplikasi capcut belum di update atau perangkat ponsel belum di update

Permasalahan mengenai tidak adanya koneksi internet saat penggunaan aplikasi capcut dapat dipengaruhi oleh versi dari aplikasi capcut tersebut belum diperbarui ke versi terbaru. 

Dan bisa juga kemungkinannya dikarenakan versi pembaruan pada perangkat ponsel belum di update. Untuk itu diharuskan untuk melakukan update ke versi terbaru dari aplikasi capcut dan juga update mengenai sistem operasi pada perangkat ponsel.

Jaringan yang kurang stabil 

Penyebab lainnya bisa jadi berasal dari koneksi internet itu sendiri yang mengalami masalah pada perangkat ponsel. Oleh karena itu sangat diperlukan sekali koneksi internet dengan dukungan yang lebih stabil dan tidak mengalami masalah.

Dikarenakan apabila koneksi internet kurang stabil atau putus-putus akan membuat pengaruh kepada penggunaan dari setiap aplikasi yang dibuka pada ponsel. Mungkin hal ini juga yang menyebabkan aplikasi capcut menjadi kesulitan untuk diakses atau untuk terhubung pada ponsel.

Pengaturan pada antivirus atau farewell

Masalah mengenai capcut tidak ada koneksi internet bisa juga diakibatkan karena pengaturan pada keamanan belum mendapatkan izin atau menonaktifkan fitur izin pada aplikasi capcut. 

Solusinya kamu harus cek apakah ada fitur yang terdapat pada ponsel memblokir izin penggunaan capcut dan pastikan lagi capcut sudah diizinkan dalam penggunaan akses internet. 

Permasalahan pada konfirugurasi DNS

Terkadang efek dari pengaturan DNS pada perangkat juga bisa mempengaruhi kinerja internet. Untuk itu penggunaan DNS publik seperti halnya Google DNS bisa saja akan memberikan solusi yang lebih baik untuk membantu dalam mengatasi dalam permasalahan koneksi internet. 

Mengecek pada perangkat jaringan

Penyebab yang satu ini bisa menjadi indikasi utama mengenai capcut tidak ada koneksi internet. Bisa saja perangkat yang kamu gunakan mengalami masalah pada koneksi WiFi atau data seluler dan mengakibatkan perangkat tersebut tidak terhubung dengan baik pada koneksi tersebut.

Jadi solusinya kamu harus cek lebih detail lagi bagaimana koneksi pada WiFi yang lebih terhubung pada perangkat dan memastikan perangkat ponsel juga tidak mengalami masalah pada penyambungan data seluler agar bisa mendapatkan penggunaan yang lebih baik pada aplikasi Capcut.

Cara Mengatasi Capcut Tidak Ada Koneksi Internet

Mengganti jaringan pada ponsel

Solusi ini bisa kamu terapkan terlebih dulu untuk mengetahui apakah masalah utamanya pada jaringan ponsel tersebut. Mengenai detail caranya apabila kamu menggunakan jaringan data seluler bisa kamu coba untuk menghubungkan koneksi internet ke WiFi dan begitu juga sebaliknya. 

Ini dikarenakan faktor mengenai jaringan ini sangat penting untuk menghubungkan aplikasi yang lebih cepat dan juga stabil dalam penggunaannya. 

Untuk caranya :
  • Buka menu "Pengaturan" pada ponsel.
  • Pilih opsi "Jaringan dan Internet"
  • Pilih bagian "data seluler atau WiFi", menyesuaikan jaringan yang ingin digunakan.
  • Dan aktifkan salah satu jaringan tersebut dengan menggeser tombolnya atau menyesuaikan dengan fitur pada ponsel masing-masing.
NB : Buka kembali aplikasi capcut untuk mengetahui apakah koneksi internet sudah stabil dan berfungsi dengan baik dalam membuka aplikasi capcut. 

Kamu bisa mengganti dari data seluler ke WiFi atau sebaliknya untuk mengetahui apakah ada masalah pada data seluler ponsel atau jaringan WiFi pada ponsel yang kamu gunakan.

Restart ponsel

Restart ponsel diartikan sebagai proses untuk mematikan dan menyalakan kembali ponsel tersebut secara otomatis.

Restart ponsel ini juga memiliki kegunaan diantara lain seperti mengoptimalkan kembali sistem pada ponsel hingga mengatasi beberapa error atau kesalahan yang terjadi pada sistem operasi.

Mengenai capcut tidak ada koneksi internet juga dapat kamu coba dengan me-restart ponsel tersebut. Hal ini dikarenakan untuk dapat mengoptimalkan berbagai masalah koneksi yang permasalahannya berasal dari aplikasi Capcut tersebut.

Untuk caranya :
  • Lakukan dengan menekan dan menahan tombol power pada ponsel hingga muncul menu perintah berikutnya
  • Pilih opsi restart dan tunggu sampai proses berjalan dan ponsel kembali menyala.
  • Cek kembali aplikasi Capcut untuk mengetahui efek dari restart ponsel tersebut apakah ada perubahan mengenai tidak ada koneksi internet.

Menggunakan bantuan VPN

VPN ini adalah sebutan yang berasal dari Virtual Private Network, yang bertujuan sebagai layanan untuk memungkinkan pengguna mengakses internet secara aman serta pribadi melalui pengubahan jalur koneksi melalui server VPN tersebut. 

Oleh karena itu VPN ini juga bisa membantu mengenai permasalahan koneksi yang bersumber dari gangguan server.

Untuk cara penggunaannya :
  • Buka layanan Google Play Store
  • Cari pada kolom pencarian Play Store aplikasi yang terkait dengan VPN seperti VPN Master, SuperVPN atau Turbo VPN.
  • Install salah satu aplikasi VPN tersebut dan tunggu sampai proses instalasi selesai.
  • Buka aplikasi VPN yang sudah terinstall tersebut dan pilih server yang ingin kamu gunakan.
  • Tunggu proses pengaktifan VPN sampai terhubung dengan baik pada ponsel.
NB: Jika server vpn sudah berhasil terinstall dan terkoneksi dengan baik ke ponsel, buka kembali aplikasi capcut untuk mengetahui apakah sudah ada koneksi internet atau belum.

Mengecek pada izin aplikasi

Bagian izin aplikasi juga patut kamu cek apakah aplikasi yang mengalami masalah seperti capcut dinonaktifkan dalam hal perizinan. 

Untuk itu seharusnya kamu harus pastikan terutama aplikasi tersebut sudah memiliki izin pada hal akses jaringan internet terutama pada opsi data seluler ataupun koneksi WiFi.

Mengenai cara selengkapnya berikut ini:
  • Buka menu "Pengaturan" 
  • Pilih pada opsi "Aplikasi atau Aplikasi Terinstall"
  • Scroll dan cari aplikasi capcut dan "pilih aplikasi capcut" pada daftar aplikasi tersebut.
  • Selanjutnya, pilih menu "izin atau permission" dan pada bagian tersebut cek apakah sudah di centang terutama pada opsi "jaringan internet atau internet access".
NB : Apabila menu tersebut belum diizinkan kamu hanya perlu melakukan centang atau menggeser / menekan tombol tersebut untuk mengizinkan menu jaringan internet pada aplikasi capcut. 

Cek kembali dengan membuka aplikasi capcut apakah sudah ada perubahan melalui cara ini.

Mengubah pada bagian DNS

Istilah DNS ini adalah (Domain Name Service). DNS ini juga bisa diartikan seperti layanan yang mengubah pada nama domain dan akan diubah menjadi alamat IP untuk memudahkan cara akses ke website / situs. 

Dengan begitu bisa saja ada kemungkinan DNS bawaan dari penyedia / provider jaringan juga dapat bermasalah. Atas hal tersebut diperlukan pengubahan DNS lain untuk akses yang lebih aman dan cepat.

Untuk cara selengkapnya :
  • Buka aplikasi Play Store pada ponsel.
  • Cari pada kolom pencarian Play Store "1.1.1.1 + WARP: Safer Internet" dan install aplikasi tersebut atau yang serupa dengan aplikasi itu.
  • Setelah terinstall, buka aplikasi tersebut dan ikuti prosedur step petunjuk yang diberikan.
  • Pada halaman utama, tekan tombol yang terdapat di tengah untuk mengaktifkan DNS 1.1.1.1
  • Pilih install VPN Profile atau sesuai prosedur pada aplikasi tersebut dan tekan OK pada pop-up connection request.
Setelah itu cek kembali dengan membuka aplikasi capcut untuk mengetahui apakah melalui cara ini mempunyai perubahan pada capcut tidak ada koneksi internet.

Re-instal aplikasi Capcut

Bisa saja ada terjadi kerusakan pada file instalasi aplikasi capcut dan kemungkinan lainnya ada bug pada aplikasi capcut yang mengakibatkan capcut menjadi tidak ada koneksi internet. Untuk itu kamu bisa mencoba re-instal aplikasi capcut tersebut.

Mengenai cara selengkapnya :
  • Buka menu "Pengaturan" pada ponsel.
  • Cari dan temukan opsi "Aplikasi atau Aplikasi Terinstal"
  • Selanjutnya, pilih aplikasi "Capcut" pada daftar aplikasi yang ditampilkan.
  • Pilih opsi "Uninstall" dan tekan OK pada pop-up yang tampil untuk melakukan konfirmasi proses berikutnya.
  • Tunggu proses uninstall tersebut selesai dan install kembali aplikasi Capcut melalui Play Store atau App Store.
  • Search aplikasi "Capcut" dan install aplikasi tersebut dengan versi yang terbaru.
Dengan begitu kamu bisa cek kembali apakah dengan re-instal aplikasi bisa memberikan solusi pada aplikasi capcut tersebut. 

Server capcut sedang down atau gangguan

Mungkin solusi lainnya dengan menunggu beberapa saat dan mencoba aplikasi capcut lagi nanti. Ini dikarenakan bisa saja server atau layanan pada aplikasi capcut sedang terjadi gangguan ataupun down.

Untuk itu langkah yang bisa dilakukan dengan menunggu beberapa jam atau hari dan membuka aplikasi capcut tersebut beberapa saat kemudian. 

Menghubungi layanan bantuan Capcut

Solusi terakhir ini bisa kamu lakukan dengan menghubungi layanan pelanggan capcut melalui email ataupun kontak resmi yang tersedia pada aplikasi capcut tersebut. 

Proses selanjutnya kamu dapat melaporkan mengenai permasalahan yang sedang terjadi pada aplikasi capcut misalnya mengenai koneksi internet yang tidak ada dan meminta bantuan hingga solusi yang lebih mudah melalui tim Capcut tersebut.
  • Buka aplikasi Capcut.
  • Pilih pada menu "Profil atau Account" yang terdapat di pojok kanan bawah layar.
  • Pilih lagi menu "Settings atau Pengaturan" dan scroll kebawah untuk mendapatkan opsi "contact us atau hubungi kami".
  • Selanjutnya kamu tinggal memilih metode atau opsi kontak yang disediakan, seperti halnya contact melalui media sosial atau email tim capcut.
  • Tuliskan permasalahan yang ingin kamu laporkan melalui kontak tersebut dengan jelas dan sedetailnya agar bisa direspon dengan baik oleh capcut.
  • Kirim pesan tersebut melalui kontak yang sudah dipilih dan menunggu balasan pesan balasan dari layanan capcut.
Melalui langkah-langkah yang sudah dijelaskan diatas tersebut harusnya sudah ada beberapa solusi yang dapat kamu gunakan dalam mengatasi capcut tidak ada koneksi internet.

Karena yang paling penting terutama tidak mengganggu dalam penggunaan aplikasi capcut dalam hal pengeditan video.

Untuk itu hal yang paling penting ialah mengecek koneksi internet tetap stabil dengan metode pengaturan pada aplikasi capcut yang tepat untuk membuat penggunaan aplikasi Capcut dengan baik dan tidak ada masalah.

Dengan artikel ini semoga bisa membantu dalam menyelesaikan masalah aplikasi capcut tersebut dan membuat penggunaan aplikasi capcut menjadi lebih baik dan bisa membuat edit video dengan hasil yang lebih maksimal. 

Rekomendasi Artikel Lainnya