BLANTERORBITv102

Panduan Lengkap: Cara Menggandakan Aplikasi di HP Infinix dalam 5 Menit

1/01/24
cara Menggandakan Aplikasi di HP Infinix

Infinix, sebuah merek smartphone yang berbasis di Hong Kong, telah mendapatkan pengakuan di pasar internasional berkat inovasi produknya yang terus menerus.

Merek smartphone yang semakin mendapat tempat di hati masyarakat ini, Infinix, menawarkan berbagai fitur canggih, salah satunya adalah kemampuan untuk menggandakan aplikasi.

Terdapat beberapa metode untuk mencapai hal ini, misalnya dengan memanfaatkan fitur bawaan yang disebut Dual Apps atau menggunakan aplikasi kloning dari pihak ketiga seperti Infinix Dual Space.

Selain itu, pengguna juga dapat memilih untuk menginstal dan menggunakan aplikasi pihak ketiga lainnya seperti Parallel Space di perangkat Infinix mereka. Beberapa model ponsel Infinix, seperti Infinix XOS, Note 8, dan Zero 8, juga dilengkapi dengan fitur Dual Apps yang memudahkan pengguna dalam membuat aplikasi ganda.

Fitur ini tentunya sangat bermanfaat bagi pengguna yang memiliki lebih dari satu akun pada aplikasi tertentu, seperti halnya aplikasi WhatsApp atau Instagram.

Pada artikel ini, saya akan membahas tentang cara menggandakan aplikasi di beberapa model ponsel Infinix dengan metode yang lebih mudah dipahami.

Dengan menggandakan aplikasi, Anda dapat menjalankan dua akun dari satu aplikasi yang sama secara simultan di perangkat Infinix Anda.

Cara Menggandakan Aplikasi di HP Infinix

Apabila Anda berkeinginan untuk menjalankan dua akun dari satu aplikasi yang sama dalam satu perangkat, Anda dapat memanfaatkan fitur Xclone pada ponsel Infinix yang dikenal dengan harganya yang terjangkau. Xclone memiliki fungsi yang serupa dengan Dual Messenger pada ponsel Samsung.

Xclone bisa diaktifkan untuk mengoperasikan sejumlah akun untuk aplikasi yang sama secara simultan, seperti WhatsApp, Instagram serta Messenger. Fitur ini tentunya sangat membantu bagi pengguna yang memiliki lebih dari satu akun pada aplikasi tertentu.

Cara menggandakan aplikasi di HP Infinix melalui pengaturan ponsel

  • Mulailah dengan membuka aplikasi Pengaturan atau dengan menggeser layar dari atas ke tengah dan mengetuk ikon Gear.
  • Scroll kebawah dan pilih Special Function.
  • Dari sana, cari dan pilih menu Xclone.
  • Selanjutnya, Anda dapat memilih aplikasi yang ingin Anda gandakan, seperti halnya aplikasi WhatsApp dengan mengetuk toggle pada bagian samping aplikasi tersebut.
  • Setelah fitur ini diaktifkan, aplikasi yang dipilih akan digandakan.
Dengan demikian, Anda dapat menggandakan wa di hp Infinix Smart 5 atau menggandakan aplikasi di hp Infinix Smart 6 tanpa perlu aplikasi tambahan.

Akan tetapi penting untuk dicatat bahwa untuk menggunakan fitur penggandaan aplikasi pada ponsel Infinix, ponsel harus menjalankan antarmuka XOS 7.1 atau lebih baru (8 ke atas).

Apabila ponsel Anda menjalankan versi UI yang lebih rendah, fitur kloning aplikasi mungkin belum tersedia. 

Dan seri Infinix yang lebih rendah seperti Smart dan Note mungkin tidak dilengkapi dengan fitur pengganda aplikasi.

Menggunakan aplikasi Parallel Space

Parallel Space adalah aplikasi yang memberikan kemampuan kepada pengguna untuk menduplikasi dan menjalankan beberapa akun dari aplikasi yang sama secara simultan. 

Aplikasi ini juga menawarkan pilihan untuk mempersonalisasi tampilan aplikasi yang diduplikasi dengan tema. Selain itu, aplikasi ini melindungi privasi pengguna dengan menjadikan aplikasi yang diduplikasi tidak terdeteksi di perangkat dengan fitur instalasi tersembunyi.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan Parallel Space:
  • Buka Play Store dan instal aplikasi Parallel Space.
  • Setelah itu, jalankan Parallel Space dan ketuk Tambahkan App.
  • Selanjutnya, pilih aplikasi yang ingin Anda duplikasi.
  • Kemudian, ketuk opsi ‘Tambahkan ke Parallel Space’ yang ada di bagian bawah.
  • Akhirnya, aplikasi yang telah diduplikasi akan muncul di layar aplikasi Anda.
Dengan demikian, Anda dapat menjalankan beberapa akun dari aplikasi yang sama secara simultan di perangkat Anda dengan mudah dan cepat.

Menggunakan aplikasi Clone App

Clone App ini terbilang seperti aplikasi kloning untuk Android yang memfasilitasi pengguna untuk menduplikasi aplikasi media sosial serta game favorit dan menjalankan beberapa akun secara simultan. 

Aplikasi ini juga menawarkan layanan VPN yang terpercaya dengan berbagai fitur seperti stiker mengambang, emotikon untuk obrolan, hingga tema yang dapat disesuaikan.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan Clone App:
  • Pertama, instal Clone App dari Play Store.
  • Kemudian, buka aplikasi dan pilih aplikasi yang ingin Anda duplikasi.
  • Selanjutnya, centang kotak di bagian atas kanan layar dan ketuk OKE.
  • Akhirnya, tunggu hingga proses kloning aplikasi selesai.

Melalui aplikasi Dual Space Pro

  • Unduh aplikasi Dual Space Pro dari Google Play Store.
  • Setelah berhasil menginstal, buka aplikasi Dual Space Pro dan jelajahi berbagai aplikasi atau game yang ingin Anda duplikat.
  • Pilih aplikasi atau game yang diinginkan, lalu klik “Tambahkan ke Dual Space”. 
  • Tunggu sejenak, proses kloning sedang berlangsung. 
  • Setelah proses kloning selesai, aplikasi atau game yang telah di-kloning dapat diakses melalui ikon yang muncul di layar utama Dual Space Pro.
Dual Space Pro juga menawarkan berbagai fitur tambahan seperti kemampuan untuk mengunci aplikasi, mengatur notifikasi, dan banyak lagi.

Dengan demikian, penting untuk diingat bahwa tidak semua aplikasi dapat di-kloning dengan hasil yang maksimal menggunakan Dual Space Pro. Bisa saja ada aplikasi yang mungkin mengalami masalah teknis atau bahkan tidak berfungsi saat dijalankan di dalam Dual Space Pro.

Jadi sangat disarankan untuk memeriksa daftar aplikasi yang kompatibel dengan Dual Space Pro sebelum menggandakan aplikasi melalui metode tersebut.

Menggunakan aplikasi tambahan Super Clone

Super Clone adalah alat yang efektif untuk menduplikasi aplikasi pada perangkat Infinix Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:
  • Unduh aplikasi Super Clone dari Play Store.
  • Setelah diunduh, buka aplikasi Super Clone.
  • Pilih aplikasi yang ingin Anda duplikat, lalu klik “Tambahkan Aplikasi”.
  • Aplikasi akan segera digandakan dan akan muncul sebagai dua ikon terpisah di layar utama ponsel Infinix Anda.
Perlu dicatat bahwa meskipun Super Clone mengkonsumsi lebih sedikit ruang penyimpanan internal dibandingkan dengan Parallel Space, beberapa fitur hanya tersedia pada versi premium. 

Oleh karena itu, pahami dengan betul dan benar dari setiap fitur - fitur yang disediakan dari setiap aplikasi tersebut.

Kesimpulan

Menduplikasi aplikasi pada perangkat seluler kita bisa menjadi strategi efektif untuk mengatur beberapa akun atau membagi data pribadi dan data kerja dalam aplikasi tertentu.

Keuntungan tambahan yang bisa kita peroleh dengan menduplikasi aplikasi adalah kita tidak membutuhkan perangkat ekstra untuk menjalankan dua aplikasi yang sama dengan dua akun yang berbeda.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menduplikasi aplikasi yang terpasang di ponsel kita. Menduplikasi aplikasi akan memakan ruang penyimpanan perangkat. Selain itu, hal ini juga dapat menyebabkan Hp Infinix kita menjadi lebih lambat dan mengkonsumsi lebih banyak baterai.

Oleh karena itu, sebelum menduplikasi aplikasi, penting untuk mempertimbangkan keuntungan dan risiko yang terkait dengan penggunaan ganda ini, dan pastikan untuk mematuhi kebijakan dan syarat penggunaan dari penyedia platform atau sistem operasi Anda.

Itulah sederet informasi mengenai cara menggandakan aplikasi di HP Infinix. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan solusi.

Rekomendasi Artikel Lainnya