BLANTERORBITv102

Cara Terbaik Mengaktifkan Opsi Pengembang di Realme

12/23/23
Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang Realme

Pada dasarnya opsi pengembang realme ini bisa disebut sebagai fitur yang memungkinkan penggunanya dalam mengakses dan mengubah beberapa pengaturan teknis hingga bagian rahasia atau privasi pada ponsel. 

Melalui opsi pengembang realme ini akan memberikan pengaruh pada hal peningkatan performa sistem, mengaktifkan dalam hal mode USB debugging, mengatur sensitivitas layar, personalisasi dan beragam kegunaan lainnya.

Sering sekali opsi pengembang realme ini mempunyai penempatan fitur yang tidak familiar dan jarang diketahui oleh penggunanya. Hal ini disebabkan karena sistem operasi Android tersebut biasanya menyembunyikan untuk mencegah penggunaan yang kurang tepat yang bisa menimbulkan resiko dan bahaya.

Untuk itu dengan pembahasan kali ini kita akan mengenal lebih jauh bagaimana cara membuka menu opsi pengembang realme ini dengan cara yang tepat dan aman. 

Berikut ini adalah susunan mengenai penjelasan tata cara hingga solusi bagaimana cara mengaktifkan opsi pengembang realme. 

Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang Realme

Melalui opsi pengaturan basic ponsel

  • Buka aplikasi "Pengaturan" pada perangkat Realme.
  • Scroll ke bawah dan cari menu "Tentang Ponsel" atau "About Phone"
  • Pada halaman tersebut, pilih opsi "versi" atau "version"
  • Cari baris yang bertuliskan "nomor kompilasi" atau "build number" dan ketuk opsi tersebut sebanyak tujuh (7) kali.
  • Tunggu proses tersebut sampai muncul pemberitahuan "Anda kini mode pengembang" atau "You are now a developer"
  • Selanjutnya kembali ke menu pengaturan dan pilih kembali menu "Pengaturan Tambahan" atau "Additional Settings".
  • Pada bagian bawah "Pengaturan Tambahan", pilih opsi "Pengembang" atau "Developer Options"
Dengan begitu kamu sudah berhasil dalam mengaktifkan opsi pengembang realme dan kamu bisa menggunakan hal tersebut dengan tujuan yang tepat dan jelas.

Menggunakan aplikasi pihak ketiga Realme UI Tweaker

Cara lainnya juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga melalui Realme UI Tweaker. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengubah berbagai pengaturan rahasia pada Realme UI, terutama dalam hal opsi pengembang. 

Untuk dapat menggunakan solusi alternatif ini, terlebih dulu harus mengunduh nya melalui Google Play Store atau web resmi nya.

Mengenai cara selengkapnya dalam penggunaan aplikasi Realme UI Tweaker bisa disimak dibawah ini:
  • Download terlebih dulu aplikasi Realme UI Tweaker.
  • Jika sudah terinstall, buka aplikasi Realme UI Tweaker pada ponsel realme kamu.
  • Pilih selanjutnya menu "Pengaturan" yang berada di bagian bawah layar.
  • Gulir ke bagian bawah dan cari menu "Opsi Pengembang" atau "Developer Options"
  • Aktifkan opsi mana yang ingin digunakan dengan cara menekan tombol pada bagian kanan tersebut.
  • Terakhir, kembali pada menu Pengaturan dan pilih menu "Simpan" atau "Save"
Jadi dengan memanfaatkan aplikasi Realme UI Tweaker ini kamu dapat mengaktifkan opsi pengembang Realme dengan cara yang lebih praktis dan mudah tanpa harus melakukan perintah pengetikan kode lagi. 

Menggunakan kode di terminal emulator

Kamu bisa membuka terminal emulator pada ponsel Realme yang kamu gunakan dengan cara mengetikkan kode "adb shell settings put global developer_options". 

Dengan menggunakan kode tersebut akan berfungsi dalam mengaktifkan opsi pengembang secara permanen tanpa harus mengetikkan kode dalam setiap kali.

Menggunakan aplikasi Developer Options

Aplikasi ini juga berfungsi untuk mengaktifkan opsi pengembang dengan lebih cepat dan praktis tanpa harus lagi membuka menu pengaturan. 

Aplikasi ini juga mempunyai beberapa fitur unggulan seperti halnya mengaktifkan USB debugging, mengatur perintah USB default dan menampilkan refresh rate layar. 

Melalui aplikasi pihak ketiga Realme UI Settings

Aplikasi Realme UI Settings ini mempunyai fungsi yang persis sama juga seperti sebelumnya yang mana akan memungkinkan mengubah berbagai pengaturan rahasia pada Realme UI, terutama opsi pengembang. 

Aplikasi ini tentunya juga mempunyai berbagai fitur menarik yang hampir mirip dengan beberapa aplikasi pihak ketiga lainnya yang tujuannya untuk dapat mengaktifkan opsi pengembang realme.

NOTE : Harap lebih bijak dan berhati-hati saat mengubah pengaturan pada menu pengembang. Hal ini dikarenakan beberapa pengaturan akan sangat mempengaruhi pada bagian kinerja perangkat ponsel. 

Ada beberapa fitur dapat kamu aktifkan melalui opsi pengembang realme diantara lain sebagai berikut.

Mengaktifkan USB debugging (security settings)

Fitur ini bertujuan untuk membuat perangkat dapat terhubung dengan komputer melalui kabel USB serta mengirimkan data secara otomatis dan dapat dimanfaatkan untuk transfer file instalasi aplikasi hingga debugging program dari komputer ke perangkat. 

Menampilkan refresh rate layar 

Resfresh rate layar dapat berarti sebagai jumlah kali layar memperbarui gambar per detik. Fitur ini dapat difungsikan untuk melihat kualitas grafis hingga tingkat responsivitas layar pada perangkat.

Mengaktifkan animasi aplikasi

Fitur ini berguna untuk membuat aplikasi berjalan lebih lancar melalui penggunaan animasi transisi antara layar baru dan lama. Dengan fitur ini juga bermanfaat dalam meningkatkan pengalaman pengguna aplikasi.

Mengatur perintah USB default

Salah satu fitur juga yang dipergunakan sebagai pilihan dalam menentukan apa yang akan dilakukan saat perangkat terkoneksi dengan komputer melalui kabel USB. Melalui fitur ini dapat dimanfaatkan sebagai pemilihan antara file transfer, transfer foto (PTP), MIDI, tethering USB atau opsi tidak ada transfer data.

FAQ :

Apa perbedaan utama antara pengaturan standar dan opsi pengembang di Realme ? 

Perbedaan utama antara pengaturan standar dengan opsi pengembang dapat dilihat dari tingkat akses dan kontrol yang dimiliki oleh pengguna terhadap sistem operasi. 

Pengaturan standar ini biasanya lebih sederhana serta umum kalau dibandingkan dengan opsi pengembang yang terlihat seperti lebih kompleks dan spesifik. 

Opsi pengembang juga bisa membantu developer serta pengembang aplikasi untuk dapat memodifikasi sistem operasi dan mengembangkan aplikasi tetapi alangkah baiknya penerapan nya dilakukan dengan standar cara yang benar dan hati-hati karena bisa menyebabkan masalah pada ponsel.

Mengapa harus membuka opsi pengembang pada ponsel Realme ?

Biasanya opsi pengembang Realme ini digunakan untuk dapat mengakses serta membuka berbagai fitur lanjutan yang tidak disediakan pada menu pengaturan standar. 

Dengan mengaktifkan opsi pengembang Realme kamu akan mendapatkan beberapa manfaat diantara lain :
  • Mork Locaton : Dapat digunakan untuk meniru lokasi geografis perangkat tanpa harus mempunyai GPS atau sinyal ponsel. Hal ini ditujukan untuk aplikasi yang membutuhkan lokasi serta game ataupun navigasi.
  • Stay Awake : Stay Awake ini dapat dimanfaatkan untuk membuat layar tetap menyala meskipun kondisi perangkat tidak aktif. Selain itu juga berguna untuk melihat notifikasi atau menjalankan aplikasi pada latar belakang. 
  • Running Services : Running services berfungsi untuk melihat daftar layanan yang sedang berjalan pada perangkat dan menghentikannya apabila tidak diperlukan serta berguna dalam menghemat baterai dan meningkatkan kinerja.
  • Scala Animation : Melalui ini kamu dapat mengubah kecepatan animasi antaramuka pengguna dari 60Hz menjadi 120Hz atau lebih tinggi. Dan berfungsi dalam meningkatkan kenyamanan saat bermain game atau menonton video serta meningkatkan responsivitas.
Itulah beberapa cara mengaktifkan opsi pengembang Realme yang dapat kamu terapkan dan coba. Dengan mengaktifkan opsi pengembang akan membantu kamu terutama dalam mengembangkan aplikasi serta memodifikasi sistem operasi, akan tetapi harus dipergunakan dengan lebih hati-hati dan dengan cara yang benar.

Disarankan kepada kamu yang ingin membuka opsi pengembang, terlebih dulu sudah tahu tujuan untuk mengaktifkan opsi tersebut serta memahami dengan benar berbagai fitur yang ada di opsi pengembang tersebut.

Apabila tidak ada tujuan yang jelas akan lebih baik tidak mengubah pengaturan yang kurang diperlukan atau bisa mengakibatkan risiko serta selalu melakukan backup data yang penting sebelum menjalankan perubahan pada sistem operasi ponsel.

Rekomendasi Artikel Lainnya