BLANTERORBITv102

Panduan Lengkap Memilih Tools Analisis Bank Statement yang Tepat untuk Anda

12/20/23
Tools Analisis Bank Statement

Pada masa modern ini dengan berbagai penerapan digital yang sudah semakin banyak hingga berbagai transaksi keuangan yang terekam dengan lebih detail tentunya keperluan akan tools analisis bank statement semakin mempunyai peran yang penting. 

Apalagi seringkali beberapa pengguna mengalami kurangnya efektivitas dalam mempelajari cara kerja dari setiap pemasukan, pengeluaran hingga bagaimana kebijakan yang lebih baik dalam setiap laporan bank.

Hal ini disebabkan karena laporan bank tersebut sering dengan tumpukan data transaksi dari bank statement yang terlihat seperti rumit karena hasil dari berbagai kegiatan transaksi yang berlangsung seperti pembelian harian dan transfer dana.

Namun kamu tidak perlu khawatir bagaimana analisis bank statement yang tepat dan benar untuk dilakukan. Dengan berbagai tools untuk analisis bank statement ini dapat menjadi solusi dan pola mengenai pengelolaan pada data keuangan.

Apa itu bank statement?

Pengertian dari bank statement ini adalah laporan yang dikeluarkan oleh bank yang mencatat semua transaksi keuangan yang berlaku pada rekening bank seseorang atau skala bisnis. 

Bank statement ini mempunyai jangkauan data dari informasi penarikan, transfer, setoran dan saldo rekening. Bank statement ini juga bisa difungsikan sebagai bahan pajak, bukti hukum atau berbagai dokumen yang membutuhkan data transaksi yang rinci.

Selain dari itu bank statement ini mempunyai beberapa bagian diantara lain seperti :

Informasi transaksi

Informasi transaksi ini dapat berupa tanggal, jumlah, jenis (dana masuk atau keluar), kode berdasarkan keterangan seperti transfer antar bank hingga tujuan transaksi dan sumber transaksi.

Informasi bank

Informasi bank mencakup pada nama dan alamat bank, nama nasabah, nomor rekening hingga nomor dari identitas nasabah.

Informasi saldo

Informasi saldo berisi dengan jumlah uang yang tersedia di rekening dengan skala akhir periode tertentu.

Informasi lainnya

Berbagai data yang berhubungan dengan tanda tangan bank, lampiran seperti halnya slip transfer beserta halaman pengesahan.

NOTE : Bank statement ini dapat diperoleh secara online melalui aplikasi mobile banking, website bank atau dari mesin ATM. Nasabah juga berhak untuk meminta bank yang bersangkutan agar mengirimkan bank statement secara rutin atau sesuai kebutuhan dari nasabah. Bank statement ini umumnya dikirimkan dalam bentuk cetak atau elektronik. 

Bank statement juga mempunyai fungsi dan kegunaan diantara lain :

Mengetahui ringkasan transaksi

Melalui rincian dari bank statement pastinya akan sangat membantu nasabah dalam mengecek riwayat transaksi pada rekening pihak yang bersangkutan. Nasabah juga dapat melihat misalnya jika ada kesalahan hingga penipuan dalam transaksi.

Mengajukan visa

Bank statement juga dapat difungsikan sebagai salah satu syarat dalam mengajukan visa ke luar negeri. Melalui bank statement ini akan menjadi pengecekan untuk menunjukkan pihak yang bersangkutan (nasabah) mempunyai uang yang cukup dalam membiayai perjalanan tersebut. 

Menjadi landasan bukti hukum

Bank statement juga dapat dimanfaatkan menjadi salah satu dokumen yang diperlukan pada proses hukum. Hal ini disebabkan karena bank statement dapat membuktikan bahwa nasabah tersebut memiliki hak atas uang yang mereka miliki pada rekening bank bersangkutan (nasabah).

Tools Yang Dapat Digunakan Untuk Analisis Bank Statement

Dengan banyaknya data dari setiap transaksi tentunya dibutuhkan analisis bank statement. Kamu dapat menggunakan tools dalam membantu setiap pengolahan, memvisualisasikan hingga menganalisis dari data keuangan yang tercantum pada bank statement.

Berikut ini bisa menjadi rekomendasi tools yang dapat kamu gunakan dalam memudahkan analisis bank statement. 

Tableau

Tableau merupakan sebuah software data analytics yang mempunyai fungsi dalam membuat dashboard interaktif hingga visualisasi data yang lebih efisien dan mudah. 

Kamu dapat mengimpor data bank statement melalui berbagai sumber seperti Excel, CSV, atau database dan menganalisis data tersebut dengan memanfaatkan fitur-fitur seperti pivot table, filter, map, chart dan berbagai fitur lainnya. 

Melalui data yang sudah dianalisis tersebut kamu dapat membagikannya kepada orang lain dengan Tableau Public atau Tableau Server.

Microsoft Power BI

Microsoft Power BI menjadi sebuah platform data analytics yang bisa membantu kamu dalam menganalisis, menghubungkan hingga memvisualisasikan data dari berbagai sumber. 

Kamu juga dapat memanfaatkan Power BI Desktop dalam membuat model bisnis serta laporan interaktif melalui data bank statement yang diperoleh dari Excel maupun database. 

Tidak sampai disitu saja, kamu masih bisa menggunakan Power BI Service untuk menyajikan hasil analisis yang diperoleh dalam bentuk dashboard online hingga dapat dibagikan kepada orang lain juga.

IBM Watson Analytics

Selanjutnya ada platform IBM Watson Analytics. Platform ini merupakan sebuah layanan cloud-based data analytics yang bisa membantu kamu dalam menerapkan teknologi AI (artificial intelligence) pada data keuangan kamu. 

Melalui layanan IBM Watson Analytics, kamu dapat menggunakan fitur-fitur seperti machine learning (ML), natural language processing (NLP), text analytics (TA), image analysis (IA) dan berbagai fitur lainnya dalam melakukan analisis lebih professional serta cerdas pada data bank statement. 

Fungsi dari setiap fitur layanan ini diantara lain:

NLP : Untuk dapat mengenali pola-pola transaksi dalam teks
ML : Fitur yang dapat membuat prediksi hingga rekomendasi keuangan
TA atau IA : Fitur yang berguna dalam menganalisis gambar atau dokumen terkait.

Perfios Bank Statement Analyzer

Perfios adalah sebuah platform data analytics yang bisa menjadi rekomendasi untuk menganalisis bank statement dari berbagai bank seperti umumnya BCA, BNI, Mandiri, BRI, dan berbagai layanan bank lainnya. 

Dengan menggunakan platform perfios kamu bisa membandingkan hingga menganalisis data keuangan sebelum dan sesudah dari setiap jangkauan yang ingin di riset. Selain itu juga dapat mengamati dari setiap transaksi terhadap yang bersangkutan dan memperoleh laporan yang berkualitas dengan penyesuaian tren.

Itulah beberapa tools untuk analisis bank statement yang dapat dimanfaatkan untuk memudahkan dan membantu kamu dalam setiap analisis yang lebih detail dan spesifik. 

Diluar daripada hal tersebut, juga diperlukan efisiensi dalam proses underwriting sebagai salah satu kunci dalam menjaga kestabilan dan profitabilitas perusahaan asuransi, disebabkan keputusan yang diambil tahap ini bisa berdampak besar pada kesehatan keuangan perusahaan.

Kesimpulan

Intisari dari keseluruhan pembahasan ini adalah pentingnya pemilihan tools yang tepat dan sesuai pada tingkat kompleksitas keuangan personal atau skala jangkauan bisnis.

Dengan memanfaatkan tools ini, kamu dapat lebih mudah mengidentifikasi tren, mengelola anggaran hingga membuat keputusan keuangan yang bijak dan cerdas dalam mengurangi berbagai risiko yang bisa saja terjadi dalam kegiatan keuangan.

Solusi ini dapat membantu kamu dalam meningkatkan kesadaran finansial dan memberikan kontrol dan hak pengelolaan yang lebih besar pada aspek keuangan kamu.

Rekomendasi Artikel Lainnya