BLANTERORBITv102

Solusi Cepat: Cara Menonaktifkan Talkback di HP Realme

1/10/24
Cara Menonaktifkan Talkback di Hp Realme

Inovasi dan keunggulan pada ponsel merek Realme, yang berbasis Android dan tersedia pada perangkat realme, menawarkan berbagai fitur yang dirancang untuk memenuhi keperluan dan mobilitas sehari-hari dari setiap aktivitas pengguna ponsel ini.

Salah satu fitur unggulan pada antarmuka pengguna (UI) Realme adalah Talkback, sebuah fitur yang dirancang khusus untuk membantu pengguna dengan gangguan penglihatan atau tunanetra dalam menggunakan setiap aktivitas menu serta aplikasi dengan lebih praktis.

Fitur Talkback ini memungkinkan sistem untuk menghasilkan suara setiap kali pengguna memilih menu. Seperti halnya jika Anda memilih menu atau aplikasi, suara akan membacakan teks yang Anda tekan.

Dengan fitur ini, pengguna perlu menekan dua kali setiap kali memilih menu serta aplikasi. Melalui fitur ini akan memungkinkan pengguna dengan gangguan penglihatan atau tunanetra untuk mengetahui apa yang mereka pilih. 

Dengan begitu tentu berbeda saat Talkback dinonaktifkan, di mana pengguna hanya perlu menekan sekali.

Hal yang sama berlaku saat pengguna ingin menggulir halaman, seperti pada aplikasi Youtube dan peramban web, di mana pengguna perlu mengusap layar menggunakan dua jari sekaligus daripada satu jari. 

Akan tetapi, fitur ini mungkin seperti sedikit mengganggu bagi pengguna umum yang terbiasa menggunakan perangkat tanpa fitur Talkback. 

Jika Anda ingin menonaktifkan fitur Talkback di perangkat realme Anda, Anda dapat menyimak secara lengkap bagaimana solusi nya melalui ulasan dibawah ini :

Apa itu fitur talkback pada ponsel Realme ?

TalkBack adalah sebuah inovasi dalam teknologi aksesibilitas yang dirancang untuk membantu individu dengan keterbatasan penglihatan dalam berinteraksi dengan perangkat Android mereka. 

Melalui fitur talkback akan memberikan respons lisan dan sentuhan pada pengguna perangkat, memungkinkan pengguna untuk merasakan apa yang terjadi di layar.

Ketika TalkBack diaktifkan, elemen di layar akan dikelilingi oleh kotak fokus hingga perangkat akan memberikan petunjuk suara mengenai konten yang ditampilkan di layar. Alih-alih menggunakan interaksi sentuhan standar, pengguna dapat menjelajahi perangkat mereka menggunakan gestur khusus TalkBack.

Dengan demikian, TalkBack bukan hanya fitur, tetapi juga sebuah alat yang memungkinkan pengguna dengan keterbatasan penglihatan untuk memanfaatkan teknologi Android sepenuhnya. 

Ini adalah langkah maju dalam memastikan bahwa teknologi dapat diakses oleh semua orang, terlepas dari kemampuan mereka.

Cara Menonaktifkan Talkback di Hp Realme

Fitur talkback, meskipun memiliki banyak kegunaan, dapat menjadi fitur yang mengganggu dan kurang nyaman bagi sejumlah pengguna, terutama saat diaktifkan pada perangkat Realme. 

Alasannya adalah perubahan signifikan dalam cara mengoperasikan perangkat, yang memerlukan serangkaian sentuhan pada layar atau klik berulang untuk membuka menu atau aplikasi.

Namun, penting untuk diingat bahwa fitur ini dirancang dengan tujuan memberikan manfaat kepada pengguna. Jika Anda merasa terganggu atau kurang nyaman oleh fitur ini dan ingin menonaktifkannya, berikut adalah beberapa solusi dengan tips yang dapat kamu coba.

Menonaktifkan Talkback Realme Melalui Pengaturan

Salah satu cara efisien yang bisa Anda coba adalah melalui menu pengaturan yang sudah tersedia di smartphone Realme Anda. Metode ini sangat praktis dan bisa diterapkan di berbagai model ponsel Realme. 

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:

Membuka Menu Pengaturan

Langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah membuka menu pengaturan. Anda bisa menemukan menu ini di halaman utama smartphone Realme Anda, ditandai dengan logo berbentuk roda gigi.

Memilih Opsi Pengaturan Tambahan / More Setting

Geser layar smartphone Realme Anda ke bawah secara perlahan. Anda bisa melakukan ini dengan cara yang biasa Anda lakukan. 

Apabila Anda kesulitan menggesernya dengan satu jari, coba gunakan kedua jari Anda. Setelah itu, pilih menu pengaturan tambahan / more setting yang terletak di bagian bawah.

Pilih opsi Bebas Halangan 

Langkah selanjutnya adalah memilih opsi bebas halangan yang terletak di bagian atas. Jika Anda sudah berhasil di menu halaman pengaturan tambahan, menu bebas halangan ini akan muncul di bagian atas.

Memilih Menu Talkback 

Proses berikutnya, carilah menu talkback yang terletak di bagian opsi bebas halangan. Opsi ini biasanya terletak di bagian atas menu bebas halangan. 

Anda bisa langsung menonaktifkan fitur ini dengan mengetuk atau menggeser tombolnya ke arah kiri hingga warnanya berubah menjadi abu-abu. Ini menandakan bahwa talkback telah berhasil Anda nonaktifkan.

Melakukan Konfirmasi 

Terakhir tunggu beberapa saat hingga muncul tampilan pop-up yang menjelaskan tentang penonaktifan talkback. Kalau Anda ingin menonaktifkan fitur ini, tekan tombol OK dan talkback tidak akan aktif lagi di smartphone Realme Anda.

Menonaktifkan talkback realme menggunakan google assistant

Anda juga dapat menonaktifkan fitur talkback ini dengan bantuan Google Assistant. 

Melalui cara kedua ini tentunya masih dapat membantu untuk menonaktifkan talkback di hp realme, karena Google Assistant telah tersedia dan terintegrasi secara otomatis di semua perangkat smartphone hingga iOS termasuk Realme. 

Google Assistant adalah fitur berbasis suara. Jika Anda tertarik untuk mengetahui cara menggunakan fitur ini, silakan ikuti langkah-langkah berikut.
  • Pastikan bahwa fitur Google Assistant telah diinstal dan diaktifkan pada perangkat Realme Anda 
  • Setelah itu, ucapkan “OK Google” 
  • Jika Google Assistant berhasil merespons suara Anda, ucapkan “nonaktifkan talkback” atau “turn off talkback” 
  • Terakhir, ikuti proses yang diberikan sampai tedapat notifikasi yang menunjukkan bahwa fitur talkback pada perangkat Realme Anda telah berhasil dinonaktifkan.

Menonaktifkan talkback realme melalui tombol ponsel

Ada juga cara lain yang lebih efisien untuk kamu coba, yaitu dengan memanfaatkan tombol fisik antara volume dan power. 

Untuk penjelasan yang lebih detail bagaimana cara menggunakan solusi simak dibawah ini :
  • Aktifkan  / buka perangkat Realme Anda
  • Selanjutnya, tekan dan tahan tombol Volume Naik dan Volume Turun secara simultan / bersamaan. 
  • Setelah itu, notifikasi akan muncul di layar perangkat Realme Anda yang mengonfirmasi bahwa fitur TalkBack telah berhasil dinonaktifkan.
Perlu kamu ketahui juga bahwa dengan menonaktifkan fitur talkback dengan pintasan keyboard dapat diterapkan pada berbagai jenis perangkat / smartphone realme.

Penutup 

Ketika fitur Talkback diaktifkan, layar perangkat Realme secara otomatis tidak akan dapat dioperasikan dengan satu jari. 

Hal ini seringkali membuat banyak pengguna merasa panik karena mereka menyadari bahwa layar perangkat mereka tidak dapat dioperasikan melalui cara yang biasanya atau menggunakan tangan.

Kenyataan bahwa layar tidak dapat dioperasikan adalah hasil dari fitur Talkback yang telah diaktifkan. Walaupun begitu, pengguna tidak perlu merasa panik karena mereka dapat menggunakan dua jari sebagai alternatif.

Untuk itu pada saat ingin scroll hingga masuk ke aplikasi, pengguna dapat mengganti penggunaan satu jari dengan dua jari yang berdampingan untuk mengakses menu di layar perangkat.

Dengan begitu kamu tidak harus merasa panik ketika mengaktifkan voice assistant dan layar perangkat Realme tidak dapat disentuh. Anda dapat mengganti gerakan usapan satu jari dengan dua jari, seolah-olah melakukan gerakan secara umumnya.

Itulah solusi bagaimana cara menonaktifkan talkback pada hp realme yang dapat kamu lakukan. Saya harap dengan solusi ini bisa memberikan manfaat dan bantuan melalui cara yang sudah diulas tersebut.

Rekomendasi Artikel Lainnya